Alat Musik Tradisionil Sumatera Barat Beserta Dengan Penjelasanya

Alat Musik Tradisionil Sumatera Barat Beserta Dengan Penjelasanya

Nuansa daerah yang berkesan “Minangkabau” yang berada di dalam musik daerah Sum Bar serta bercampur dengan musik yang lain juga bakal tampak tersebar di penduduk. Musik daerah Minang memang dapat diracik dengan saluran musik type apa pun, hingga nyaman didengar di telinga kita. Alat musik tradisionil yang digunakan-pun memberi unsur musik yang ciri khas, ada juga instrumen alat musik yang dipakai ialah Saluang, Bansi, Talempong, Rabab, Pupui, serta alat musik tradisionil Sumatera Barat yang lain akan aku ucap di tempat ini. Mengenai alat musik tradisionil Sumatera Barat, diantaranya :


1. Bansi
Alat musik tradisionil yang memiliki bentuk sama juga dengan alat musik Suling. Tentu saja bansi juga dimainkan sama dengan langkah mainkan Suling serta jarak lubangnya juga tidaklah terlalu jauh, hingga dapat dimainkan oleh pemain yang tidak mempunyai jari panjang.Bansi dikenal juga gampang dipelajari sebab ukurannya pendek serta lubangnya cuma ada 7. Bansi juga dapat dipakai untuk menemani musik baik itu tradisionil atau moderen. Bansi juga seringkali dipakai dalam tampilan tari tradisionil Pasambahan, Bansi umumnya dimainkan bersama dengan Saluang. Bansi lebih diketahui menjadi alat musik type seruling pendek ciri khas Minang

2. Gendang Tabuik
Menurut sejarahnya, Tabuik datang dari “orang India” yang turut pasukan Islam Thamil di Bengkulu pada era ke-18, sesudah kesepakatan London pada era yang sama Bengkulu dikuasai Belanda serta pada akhirnya banyak penduduk yang menebar sampai ke Pariaman. Dalam kebudayaan Minangkabau, cukuplah banyak acara kebiasaan yang ada hubungannya dengan kebiasaan Islam diantaranya Oyak Tabuik di Pariaman, perayaan yang dikerjakan untuk memperingati hari wafatnya cucu Nabi Muhammad S.A.W pada perang Karbela
Gendang ini adalah alat musik yang tidak bernada sebab sifatnya yang dipakai menjadi alat musik perkusi, sampai saat ini kamu masih tetap dapat lihat bentuk fisik Gendang Tabuik ini di daerah Maninjau atau daerah pariaman. Umumnya alat musik ini dipakai untuk upacara ritual di daerah itu.

3. Pupuik Batang Padi
Memiliki bentuk memang dikit aneh serta nada yang dibuat juga begitu simpel dan kurang mengesankan buat pendengar, akan tetapi nyatanya alat musik Pupuik batang padi mempunyai manfaat yang begitu terpenting. Di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, alat musik ini mempunyai peranan terpenting dalam satu ritual tradisional. Pupuik batang padi umumnya dimainkan waktu upacara kebiasaan yang terkait dengan panen (mengutarakan kebahagiaan). Walau cuma keluarkan 1 tangga suara, nada melengking dari alat musik tradisionil ini dapat memecah keheningan satu acara.

4. Pupuik Tanduak
Menurut info yang aku bisa, penduduk Minangkabau mempunyai kepercayaan jika tiap-tiap sisi dari badan kerbau mempunyai manfaat tidak hanya dagingnya saja. Kulit yang tuntas disamak dapat juga di proses jadi beberapa barang kepentingan harian, diluar itu sundul kerbau juga mempunyai manfaat sendiri buat penduduk daerah sana, terutamanya daerah pedesaan.
Salah satunya faedah dari tanduknya ialah bisa dibikin jadi satu alat musik tradisionil yang bernama Pupuik tanduak. Alat muisik ini terbuat dari sundul kerbau yang ujungnya dipotong datar untuk meniup. Bentuk alat musiknya mengkilat serta hitam bersih.

5. Saluang
Saluang dapat disebut pasangan dari Bansi dalam tiap-tiap penampilannya, alat musik Sumatera Barat ini mempunyai ukuran yang lebih panjang bila dibanding dengan Bansi, bedanya ialah pada suaranya yang ciri khas merdu serta lembut ditelinga. Alat musik tradisionil Minang ini terbuat dari bambu tipis atau talang yang memiliki ukuran 60 cm serta berdiameter 3 – 4 cm. Untuk lebih detilnya, rekan-rekan dapat membaca di artikel langkah mainkan Saluang yang berada di website ini. Salah satunya pemain Saluang yang melegenda ialah Idris Sutan Sati serta penyanyinya yang diketahui Syamsimar.

6. Serunai
Serunai atau Puput dulunya diketahui dengan nama Shehnai, alat musik yang diakui datang dari India Utara. Alat musik ini umumnya dimainkan dalam acara kebiasaan yang ramai serta ramai dengan budaya kebiasaan di daerah spesifik. Tidak ada ketentuan untuk mainkan Serunai, dapat perseorangan (solo) atau-pun grup. Serunai umumnya juga dimainkan saat orang bekerja di ladang, alat musik ini popular untuk menemani pertunjukan pencak silat di Minang, tentu saja kamu orang asli Minang tau persis. Dalam satu acara, alat musik serunai juga seringkali dimainkan atau dikombinasi dengan alat musik tradisionil dari Sumatera Barat yang lain.

7. Rabab
Memang mungkin namanya tidak asing diketahui di telinga kita, Rabab datang dari bhs Arab yakni Rebab. Sama dengan lokasi lainnya seperti Deli, Sunda serta yang lain Rabab minang begitu unik, tidak hanya digesek, ada satu membran nada yang muncul di bawah bridge-nya. Karenanya ada membran itu, nada yang dihasilkan-pun termasuk unik, seperti ada dampak nada serak. Karakter ini dapat mengakibatkan langkah menggesek Rabab juga termasuk susah. Alat musik Rebab (Penyebutan) atau Rabab juga terbuat dari batok kelapa, yang membuat struktur alat musik ini dikit “keset”

8. Talempong
Talempong adalah salah satunya alat musik tradisionil Sumatera Barat yang bentuk fisiknya serupa dengan Bonang yang ada di instrumen Gamelan. Untuk selengkapnya, kalian dapat membaca alat musik ini di artikel langkah mainkan Talempong. Diluar itu, Talempong dikenal juga menjadi alat musik tradisionil Minangkabau. Alat musik ini umumnya terbuat berbahan basic logam kuningan tapi bila kita mujur kita dapat menemukannya berbahan lainnya.
Alat musik Talempong berupa lingkaran dengan diameter seputar 15 sampai 18cm serta dibagian atasnya seperti ada benjolan kecil. Sisi ini adalah sisi yang dipukul nanti serta memiliki ukuran 1/3 dari Talempong.

9. Tambua
Tambua hanya alat musik tradisionil ciri khas Sumatera Barat yang simpel, akan tetapi keberadaannya dapat menyebabkan kemerihana satu acara. Langkah untuk menyemarakkan satu acara di beberapa negara mana saja yaitu dengan menabuh alat musik perkusi, Type alat musik tradisionil Sumatera Barat berikut yang sangat pas mainkan peranan itu.
Tambua dimainkan oleh anak-anak yang berumur relatif muda serta dengan berkelompok. Tambua membuahkan nada yang lumayan besar hingga mungkin kamu mesti dikit berteriak saat bicara dengan rekan kamu yang menghadiri acara yang disemarakkan dengan tambua, akan tetapi ada banyak tehnik memukul tambua yang tidaklah terlalu keras.

Demikian info yang dapat aku berikan tentang kebudayaan dan gambar alat musik tradisionil Sumatera Barat, mudah-mudahan berguna buat kamu yang tengah mencari info yang berkaitan. Bila kamu terasa photo alat musik tradisionil Sumatera Barat yang aku input di artikel ini ada ketidaksamaan, mungkin sebab ketidaksamaan daerah saja.

Postingan populer dari blog ini

10 Alat Musik Tradisionil Sunda Beserta Dengan Penjelasanya

11 Alat musik Tradisionil Papua Beserta Dengan Penjelasanya