Alat Musik Tradisional Bali Beserta Penjelasanya

Alat Musik Tradisional Bali Beserta Penjelasanya

Setahu saja ada 5 alat musik tradisionil Bali yang memang unik serta cuma berada di daerah ini saja, ditambah lagi gamelan semestinya jadi 6, akan tetapi sebab cukuplah banyak daerah yang mempunyai gamelan menjadi aku cuma tuliskan mengenai alat musik dari Bali saja supaya beberapa pembaca dapat membaca artikel ini dengan gampang. Dengan geografis, Bali terdapat diantara pulau Jawa serta Lombok. Dengan sebagian besar agama hindu, Bali adalah tempat yang diketahui dunia akan pusat wisata serta kesenian daerahnya. Seringkali banyak pula orang yang ingin lihat kesenian tarian daerah ini, terpenting alat musik tradisionalnya.


Musik Bali cukuplah populer sampai e semua dunia, kamu dapat membaca salah satunya mengenai begitu luar umumnya minat orang asing pada kebudayaan musik Bali di Indonesia. Bali diketahui menjadi tempat pariwisata, lebih umumnya dari pengunjungnya ialah turis asing yang memang jarang lihat kebudayaan asli pribumi. Begitu disayangkan memang bila kita menjadi orang Indonesia sendiri bahkan juga tidak tahu alat musik tradisionil dari Bali serta langkah memainkannya. 

1. Gerantang 
Gerantang terdiri atas beberapa potongan bambu yang disusun berderet serta dimainkan dengan memakai 2 alat pemukul spesial seperti Gambang (alat musik dari Jawa) akan tetapi alat musik gerantang memakai bambu. Alat musik tradisionil yang datang dari Bali ini cukuplah seringkali dipakai dalam pekerjaan gamelan atau angklung. Di daerah Jawa barat alat semacam ini dimaksud calung, jelas tentunya ada ketidaksamaan pada alat musik tradisionil Bali serta Jawa. 
Cupak Gerantang ialah narasi 2 orang tokoh kaka beradik bernama Cupak serta Grantang. Cupak mencerminkan semua karakter jelek manisua, sedang Gerantang demikian sebaliknya, ia mencerminkan karakter baik pada diri manusia. 

2. Rindik 
Rindik juga adalah contoh alat musik tradisionil Bali yang dapat kalian jumpai waktu bertandang ke pulau dewata. Rindik terbuat dari bambu yang bernada selendro serta dimainkan lewat cara dipukul. Rindik umumnya dimainkan oleh group (seputar 3 – 5 orang) di mana 2 orang mainkan rindik serta bekasnya memakai alat musik lainnya. Rindik biasa dipakai menjadi musik pengiring hiburan rakyat ‘Joget Bumbung‘. Bersamaan perubahan jaman, sekarang rindik telah dapat fleksibel serta ikuti perkembangan masa moderen. Saat ini rindik dipakai menjadi pelengkap untuk acara pernikahan atau dapat menjadi penyambut tamu 

3. Ceng-Ceng 
Alat musik ceng-ceng adalah unsur terpenting dari piranti gamelan Bali. Dalam beberapa unsur musik gamelan, ceng-ceng memegang peranan yang begitu terpenting di antara alat musik tradisionil Bali yang lain. Ceng-ceng dimainkan lewat cara dipukul di bagian tembaga yang bundar pada bagian atas serta akan membuahkan nada “ceng-ceng-ceng” sesuai dengan namanya. Untuk membuahkan nada yang keras kamu cukuplah memegang ke-2 sisi yang atas dengan memakai ke-2 tangan. 
Di Bali, Ceng-ceng umumnya dipakai pada barungan gamelan, gong gede, semar pegulingan, barongan, gong gebyar, pelegongan, dan sebagainya. Ada pula acara yang cukuplah populer dari sana yang dimaksud Tari Barong Batubulan Bali, dengan membayar ticket masuk kamu dapat nikmati acara itu. 

4. Pereret 
Pereret ialah alat musik tradisionil Bali kuno yang mempunyai bentuk seperti terompet, laat musik ini sampai saat ini masih tetap ada keberadaannya. Langkah memainkannya yaitu dengan memegang terompet itu, lantas ditiup lewat lubang pada ujung sisi terompet. Pereret umumnya dipakai oleh penduduk Bali dalam pentas seni budaya mereka yang berbentuk seni Sewo Gati, serupa dengan kesenian Arja di Bali, akan tetapi kesenian ini tempat penarinya cuma duduk. 
Penduduk Bali yang masih tetap meyakini perihal mistis yakini jika pereret dapat digunakan untuk perbuatan yang tidak baik, mereka yakin jika alat musik ini dapat dipakai untuk alat guna-guna untuk beberapa wanita supaya ingin dinikahi oleh pria yang lakukan hal seperti ini. 

5. Genggong 
Alat musik Genggong datang dari daerah Bali, Genggong adalah salah satunya instrumen musik getar yang membuahkan nada unik, nada yang dibuat seperti nada suling akan tetapi lebih kecil serta lebih kuat bila terdengar di telinga kita. Genggong umumnya dipakai dalam pentas seni musik, alat musik genggong biasanya dimainkan dalam intro musik (pembuka) dan nada pengirim musik

Postingan populer dari blog ini

10 Alat Musik Tradisionil Sunda Beserta Dengan Penjelasanya

11 Alat musik Tradisionil Papua Beserta Dengan Penjelasanya

Alat Musik Tradisionil Sumatera Barat Beserta Dengan Penjelasanya